Jumat, 01 Januari 2010

Tentang Google PageRank

Sebagai seorang blogger, sudah sewajarnya kita tahu parameter yang sering digunakan dalam dunia blogging. parameter-parameter tersebut biasanya digunakan untuk mengukur kredibilitas sebuah blog dan dapat pula digunakan sebagai patokan untuk memonetisasi blog pada program-program tertentu. Salah satu parameter tersebut adalah Alexa rank, tentu anda pernah mendengar nama tersebut diberbagai media di internet, semisal forum,blog dsb.silahkan klik tante alexa untuk blog kita jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang alexa rank. Selain Alexa rank ada parameter lain yang cukup berperan dalam blog kita, dia adalah google pagerank, saya yakin anda pasti pernah mengdengar google pagerank bukan?, terlihat dari namanya, kita telah bisa menebak siapa di balik layar dari google pagerank itu, ya anda benar dia adalah google.


Sistem kerja dari google pagerank memang sangat berbeda dengan alexa, tetapi kegunakannya hampir sama yaitu untuk mengukur kredibilitas blog kita. Jika pengukuran alexa semakin kecil semaki baik, maka google pagerank berbeda, mereka meberikan ranking dari 0 sampai 10, disini semakin besar nilai pagerank blog anda maka blog anda akan semakin bagus (dimata google blog anda dipandang baik dan program-program lain semisal TLA pun suka dengan blog berpagerank tinggi). PageRank merupakan algoritma penganalisis link untuk menentukan tingkat pentingnya sebuah blog/situs web di mata Google. Kata “page” sendiri berasal dari nama salah satu pendiri Google, Larry Page. Wah enak sekaliya google dapat memberikan ranking pada blog (kayak sekolah aja ada rankingnya he.he.he).

Jika blog kita memiliki pagerank yang tinggi maka kita dapat berbangga hati karena blog kita merupakan blog yang cukup baik di mata google, selain itu pagerank tinggi mutlak ada jika anda ingin memonetisasi blog lewat jualan link. Saya sih belum begitu banyak berharap akan memonetisasi blog ini, lihat saja pada saat artikel ini ditulis blog ini pageranknya belum beranjak sama sekali, tetap setia menduduki 0 he,he,he.Tetapi tidak jadi masalah akan pagerank blog ini, saya yakin google pasti akan memberikan blog ini pagerank yang baik dikemudian hari.

Banyak yang mengatakan untuk menaikkan pagerank salah satu caranya adalah menggunakan one way link atau link satu arah, yaitu dimana blog kita di link oleh blog lain tetapi kita tidak melakukan link balik kepada blog yang telah melink ke blog kita. Tetapi memang susah sekali mendapat kan one way link dari blog lain kecuali anda punya banyak blog/website yang dapat anda gunakan untuk melakukan one way link keblog anda sendiri (saya ingin mencobanya, sayangnya blog saya masih sanyat sedikit). tetapi rahasia dari pagerank tentu hanya google yang tahu, kita hanya bisa berusaha dengan cara kita untuk mengupayakan agar blog kita mendapatkan pagerank yang baik.

Tentunya Sedikit banyak anda telah mengetahui apa sebenarnya pagerank itu bukan? Sehingga dengan anda mengetahui itu diharapkan akan selalu bersemangat ngeblog agar dapat ranking bagus (kaya sekolah aja ya bos, belajar terus agar dapet ranking bagus he.he,he). Sebenarnya ada satu parameter lagi yang banyak digunakan yaitu technoraty rank, munkin potingan mendatang saya akan sedikit mengulas tentang technoraty rank (cari-cari info dulu bos biar tambah ilmu). Munkin itulah kiranya tentang pagerrank dan jika anda ingin cek pagerank blog anda, silahkan kunjungi checkpagerank.net,. situs tersebut mnyediakan fasilitas cek pagerank

Tidak ada komentar:

Posting Komentar