Senin, 15 Februari 2010

Widget Penting untuk blogspot

Widget di dalam blog adakalanya dapat membuat blog menjadi lebih bagus, keren dan profesional (disini yang saya bicarajkan adalah widget pihak ketiga). Tetapi memang tidak semua widget dapat menjadikan blog kita lebih baik, untuk itu selaku seorang blogger kita harus selektif dalam menaruh aplikasi (widget) di blog kita, tentu kita harus memilih aplikasi yang mempunyai nilai guna yang tinggi dan tidak membebani blog kita (membuat loading page menjadi lama), sehingga pengunjunngpun dapat merasakan manfaat akan widget yang kita taruh di blog kita.


Nah kesempatan kali ini saya akan menginformasikan beberapa aplikasi (widget) yang munkin dapat anda taruh di blog kesayangan anda, anda dapat memilih sesuai kebutuhan blog anda, dan saya sarankan pilih yang sekiranya mempunyai pengaruh atau dampak positif untuk blog anda, sehingga akan berdampak baik pada kelangsungan atau perkembangan blog kesayangan anda.

Di internet, aplikasi untuk blog (disini saya khususkan untuk blogspot) memang sangat dan amat banyak, mungking kita tidak dapat menghitunya dengan jari, hehehe, untuk itu kesempatan kali ini saya akan sedikit menginformasikan aplikasi atau widget blogspot yang mungkin dapat anda taruh di blog kesayangan anda, dan dibawah ini adalah sedikit dari banyak aplikasi yang ada di internet yang dapat anda pilih dan taruh di blog kesayangan anda (oyaa. Widget-widget yang saya tulis memang lebih spesifk pada pemantauan pengunjung, semisal untuk memudahkan pengunjung comment dan untuk menghitung ayau memantau statistik pengunjung blog).

1. Shoutbox

Sebuah aplikasi (widget) yang digunakan untuk membuat buku tamu di blog kita, aplikasi ini dapat bermanfaat untuk chat atau meninggalkan pesan dengan cepat di blog kita. Di internet, cukup banyak pengedia aplikasi/widget seperti ini diantaranya adalah CBOX , SHOUTMIX , DAN OGGIX. Silahkan pilih salah satu jika ingin menggunkannya.

2. Hitstat

Nah kalau yang ini fungsinya adalah untuk menghitung jumlah pengunjung yang datang beserta page viewnya keblog kita, yang saya suka dari widget ini adalah tampilannya yang cukup menarik, contoh aplikasi ini seperti di sidebar blog ini yang bertuliskan hitstat. Anda dapatv mendapatkan widget ini di Hitstat.com.

3. flag counter

flag counter digunakan untuk menghitung pengunjung berdasarkan negara asal pengunjung tersebut, dalam aplikasi ini pengunjung akan di kelompokkan berdasarkan negaranya dengan simbol atau gambar bendera. (aplikasi ini cukup menari karena aplikasi ini hanya menghitung pengunjung unik)

4. feedjit

feedjit menurut saya sangat menarik , widget ini dapat memantaun aliran trafic pengunjung , sebenarnya ada 4 pilihan didalam widget ini yang dapat anda pilih melalu websitenya, mungkin akan saya tulis dilain waktu.. Silahkan coba widget ini dengan bertandang ke websitenya di feedjit.

Munkin hanya itu yang dapat saya sedikit informasikan kepada anda, semoga sedikit informasi itu dapat bermanfaat untuk blog anda. Selamat memilih dan mencoba kawan.







1 komentar: