Jumat, 19 Februari 2010

SEKILAS TENTANG BACKLINK

Jika kita berbicara tentang SEO (optimasi mesin pencari), tentu tidak akan pernah lepas dari yang namanya backlink, sejatinya backlink merupakan bagian dari SEO yang harus diperhatikan, karena backlink berkualitas dapat menentukan posisi blog kita di mesin pencari semisal google, selain itu backlink berkualitas juga dapat menetukan pagerank suatu blog. Nah berarti kita selaku seorang blogger setidaknya harus mengerti dan sedikit memahami apa sebenarnya backlink tersebut.


Backlink dapat saya artikan sebagai tautan balik atau link yang didapat situs A dari situs B, misalnya situs A adalah milik anda dan situs B adalah milik tono, maka situs anda memperoleh 1 backlink dari situs tono, karena tono menaruh link anda di situsnya (semoga bisa memahami konsep tulisan saya kawan...). nah dalam dunia backlink, masih terdapat beberapa jenis backlink, setidaknya berdasarkan apa yang saya ketahui ada 3 macam jenis backlink, silahkan simak sedikit ulasan saya di bawah ini:

1. One way backlink (Backlink satu arah)

Link satu arah adalah backlink yang didapat dari situs lain tetapi situs yang mendapat backlink tidak melakukan link balik kesitus yang telah memberikan backlink. Untuk lebih jelasnya lihat gambar :


Model one way backlink memang mempunyai pengaruh cukup besar pada SERP (seach enggine result page), karena blog yang memperoleh backlink tidak melakukan link balik, sehingga mesin pencari menganggap web yang memperoleh backlink adalah web yang cukup penting. Tetapi memang saya akui untuk memperoleh one way backlink sangat dan amat sulit, untuk itu kita dapat membuat blog dummy sebagai mesin link untuk blog kita.

2. Two Way Backlink (Backlink Dua Arah)


Backlink Dua Arah biasa di sebut link excange atau tukeran link, konsepnya adalah anda memasang link orang lain karena orang lain memasang link anda, jadi intinya sama-sama memasang link. Tetapi memang jika dibandingkan dengan one way backlink, one way backlink lebih baik dari two way backlink, tetapi toh tidak ada salahnya untuk tukeran link sama temen, selain untuk cari backlink juga untuk silatur rahmi dan lebih mengenal blogger (temen) lain (gimana ada yang minat tukeran link ma blog ni ga’).

3. Three Way Backlink (Backlink Tiga Arah)

Backlink tiga arah adalah situs A memberikan backlink kesitus B dan situs B memberikan Backlink ke situs C kemudian situs C memberikan Backlink kesitus A. (semoga tidak bingung kawan) untuk lebih jelasnya lihat gambar :



Terus terang saya belum pernah mencoba three way backlink, mungkin nanti akan saya coba , siapa tahu efeknya akan lebih baik dan maknyuss....

Dari ketiga jenis backlink di atas , backlink mana yang paling baik?? Mungkin itu ada dalam benak anda , kalau saya boleh menjawab , backlink yang lebih baik adalah one way backlink , karena situs yang memberikan backlink tidak di link balik oleh situs penerima backlink, sehingga situs yang menerima (diberi) backlink akan dipandang penting oleh SE (tetapi dalam hal ini, situs yang memberikan backlink harus sudah terindex oleh SE), karena dipandang penting oleh SE tentu saja akan lebih memudahkan untuk bertengger di halaman awal seach enggine, atau anda juga bisa melakukan percobaan tentang beberapa backlink diatas , sehingga diharapkan akan memperoleh backlink mana yang cukup baik untuk digunakan pada hal-hal (situasi) tertentu, dan jangan lupa untuk share jika telah memperoleh tips yang mantabzzz untuk SEO kawan......!

mungkin itulah sedikit banyak yang dapat saya informasikan yang berkenaan dengan backlink , backlink memang sangat mempunyai peran besar dalam SERP (seach enggine result page), untuk itu sebisa mungkin kita harus mengupayakan untuk membangun backlink yang berkualitas (baik backlink dari luar ataupun dalam situs itu sendiri), tetapi ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan yaitu anchor texk dalam backlink, untuk lebih jelasnya tentang anchor texk akan saya tulis di lain kesempatan. Dan backlink berkualitas juga diukur dari blog/situs yang memberikan backlink, semisal page rank situs pemberi backlink, selain itu inbount dan outbount link dari blog pemberi link juga dapat mempengaruhi kualitas backlink kita, mungkin itu saja yang dapat saya tulis yang berkenaan dengan backlink, good luck kawan.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar