Senin, 25 Januari 2010

Memanfaatkan copyscape dan Hindari plagiat

Plagiat atau copy paste adalah hal yang saya rasa harus di hirdari oleh seorang blogger. Karena jika content dalam suatu blog merupakan hasil dari plagiat, tentu dampak pada blog akan sangat fatal, semisal kredibilitas blog dan pemilik blog akan sangat rendah dimata blogger lain, karena blogger lain (orang lain) menganggap artikel yang ada di blog bukan karya sendiri, selain itu hal yang cukup fatal adalah tentang masalah SEO (optimasi mesin pencari), seperti kita tahu bahwa google sangat tidak suka dengan copy paste content, sehingga dengan inipun dapat menyusahkan kita untuk duduk di top 10 google.

Berkenaan dengan copy paste yang sedikit saya singgung diatas, sebenarnya copy pastepun tidak masalah jika kita mencantumkan sumbernya, dengan kita mencantumkan sumbernya maka secara tidak langsung kita telah menghargai penulis artikel yang telah bersusah payah menulis artikel yang kita copy. Nah jika sekarang posisi anda adalah seorang yang ingin mengetahui siapa yang melakuakn copy terhadap artikel anda, maka ada sebuah website yang mempunyai tools yang cukup menarik, saya telah mencobanya, website tersebut adalah Copyscape.

Dengan copyscape kita dapat mengetahui siapa yang melakukan copy terhadapat tulisan di blog kita dengan cara mengunjungi situs copyscape dan memasukkan alamat/URL blog kita dalam form yang disediankan oleh copyscape, setelah anda memasukkan URL , maka copyscape akan melakukan scanning untuk mencari duplikasi aktikel yang ada di blog kita. Cukup mudah bukan.?. silanhkan menuju copyacape jika anda berkeinginnan untuk mencari duplikasi artikel dalam blog anda.

Memang copyscape dapat kita gunakan dengan free alias gratis, tetapi mereka juga mempunyai layanan yang berbayar, saya tidak begitu mengetahui perbedaan antara free dan berbayar (ga ikut yang berbayar bos, ga punya money). Tetapi sepertinya yang berbayar akan dapat menampilkan scaning duplikasi artikel lebih banyak, tanpa iklan/banner (kalau yang free disebelah kanan terdapat iklan), selain itu website kita akan selalu di monitoring dan kita akan diberi tahu jika ada content yang sama dengan content yang ada di website/blog kita.

Gimana kawan sudah mencobanya atau belum??. Silahkan coba.........






Tidak ada komentar:

Posting Komentar