Rabu, 10 Februari 2010

Menampilkan kode Html Di dalam posting blog

Adakalanya ketika kita memposting artikel di blog, kita dihadapakan atau harus memasukkan CODE HTML di dalam posting blog kita (misalnya menulis code seperti ini <data:post.body/> atau seperti ini <a href="http://quick-zone.blogspot.com" target="_blank"> Klik Disini </a>), nah jika kita menulis CODE HTML secara manual (apa adanya), tentu hasilnya akan tidak sama dengan apa yang kita tulis (atau bahkan tidak muncul), ini dapat terjadi karena blogspot mengartikan kode yang kita tulis sebagai element didalam HTML, sehingga code-code yang telah kita tulis tidak akan terlihat atau bahkan diartikan sebagai sebuah aplikasi HTML di posting kita (semisal code link yang kita tulis akan diartikan sebagai link). Nah untuk memasukkan Code HTML agar dapat terlihat atau berada didalam posting , ada yang harus kita lakukan , yaitu MEMPARSE (ENCODE) kode HTML tersebut, sehingga jika code tersebut telah kita parse, kode-kode tersebut akan dapat diartikan sebagai sebuah tulisan biasa bukan sebuah Element HTML.


Parse code sebenarnya sangat sederhara, tetapi memang kita harus mengubah code-code seperti > (kurung runcing terbuka) menjadi &gt; , tujuannya agar code tersebut tidak dibaca sebagai element HTML. untuk lebih lengkapnya silahkan lihat tabel dibawah ini:
Karakter
Notasi
Keterangan
<
&lt;
Kurung runcing terbuka
>
&gt;
Kurung runcing tutup
&
&amp;
Tanda Dan
"
&quot;
Tanda petik ganda
±
&plusmn;
Tanda plus minus
Spasi
&nbsp;
Tanda Spasi
©
&copy;
Tanda hak cipta (copyright)
®
&reg;
Tanda terdaftar (Registered)

Maksud atau keterangan dari kode diatas adalah seperti ini :

  1. Tanda < harus diganti dengan kode &lt;
  2. Tanda > harus diganti dengan kode &gt;
  3. seterusnya.....
Nah code diatas adalah dasar jika kita ingin membuat code HTML dapat muncul didalam postingan . saya contohkan kita akan menampilkan code link di bawah ini :


<a href="http://quick-zone.blogspot.com" target="_blank"> Klik Disini </a>

Kode link diatas jika tidak di parse, tentu yang akan muncul adalah sebuah link yang bertuliskan klik disini yang jika diklik akan menuju situs quick-zone.blogsot.com, nah jika kita ingin memunculkan agar tulisan diatas diartikan sebagai tulisan biasa atau tidak berupa link, kita harus memparse code tersebut terlebih dahulu, caranya kita menggunkan dasar yang ada dalam table diatas, sehingga akan menjadi seperti dibawah ini :


&lt;a href="http://quick-zone.blogspot.com" target="_blank"&gt; Klik Disini &lt;/a&gt;
Code diatas adalah hasil parse yang dapat and posting di blog anda. Yang menjadi pertanyaan adalah jika kita ingin memparse banyak kode, tentu kita akan kerepotan untuk menganti kode tersebut satu persatu, untuk itu ada banyak sekali web yang menyediakan fiture parse semisal di http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

Silahkan kunjungi web tersebut dan masukkan CODE HTML yang ingin anda PARSE, setelah anda masukkan CODE TERSEBUT langkah selanjutnya adalah klik PARSE. dan anda akan memperoleh code yang telah terparse didalam kotak yang disediakan oleh web tersebut.... kode dalam kotak tersebutlah yang dapat anda gunakan atau anda posting di blog anda.

Catatan : memparse Code tidak hanya bisa dilakukan di web yang mengediakan fiture parse code, anda juga dapat menggunkan sofware editor web seperti microsoft font page, dreamweaver dsb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar