Senin, 08 Maret 2010

Layanan Google Analytics untuk analisa blog anda

Layanan yang diberikan google memang sangat beragam , mulai dari email di gmail, blog di blogger.com , google map, google translate dsb. Tentunya semua layanan ini diberikan agar dapat bermanfaat bagi para penggunanya, dan selain beberapa layanan diatas googlepun mempunyai layanan yang dapat kita (baca:blogger) gunakan untuk memantau (menganalisa) blog kita, baik itu blog yang dibuat dengan hosting sendiri ataupun dengan layanan blogger milik google. Layanan untuk analisa blog tersebut adalah google analytics , google analytics merupakan sebuah tools yang dapat digunakan oleh para webmaster ataupun blogger untuk memantau blog mereka, memantau disini mempunyai arti yang beragam , tetapi memang lebih condong ke pemantauan pengunjung blog, dengan google analics kita dapat mengetahui berapa pengunjung yang datang keblog kita, dari negara mana pengunjung berasal, berapa waktu rata-rata pengunjung di blog kita, browser apa yang dipakai, dan bahkan sistem operasi apa yang digunakan pengunjung blog kita.

Kemampuan google analytics memang sangat menakjupkan , tidak hanya sebatas yang saya tulis diatas manfaat dan kemampuan dari google analics , melainkan masih banyak sekali manfaat dan kemampuan yang dapat kita peroleh dari google analics, seharusnya kita sebagai seorang blogger harus memasang tools ini. Kita akan dengan mudah mengetahui perkembangan blog kita dengan google analics, dan jika anda adalah seorang blogger yang memperdulikan akan kemajuan (perkembangan) blog, tentu google analics dapat menjadi tools yang tepat untuk anda, anda dapat mengevaluasi blog anda setiap hari , minggu bahkan bulannya.

Nah jika anda tertarik dengan google analics , silahkan kunjungin saja webnya di google.com/analytics, tentunya jika anda ingin menggunkan layanan ini anda harus mempunyai akun google terlebih dahulu. Saya analogykan anda menggunkan google analics untuk blogger, maka setelah anda masuk ke websitenya, lakukan sign in dengan akun google anda, setelah masuk pilih tambah blog kemudian ketikkan alamat blog anda, setelah anda ketikkan alamat blog anda, anda akan diberikan sebuah tag atau code html, silahkan copy dan letakkan code tersebut di blog anda . dan untuk meletakkan code silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. login ke blogger.com
2. pilih Dasbor > tata letak
3. pilih edit html lalu beri cek pada Expand Template Widget
4. kemudin cari code </body>, untuk memudahkan anda mencari code tersebut klik CRTL+F dan cari di cotak yang disediakan.
5. setelah menemukan code </body> kemudian copy kan code google analics yang telah anda copy tadi dan letakkan di atas code tadi.

Diatas adalah cara meletakkan di blogspot, sekarang tugas anda hampir selesai, karena untuk menyelesaikan tugas 100%, anda harus mengaktifkannya di google analics, silahkan masuk google analytics dengan akun anda, kemudian di Dasbor google analics anda akan menemukan logo tanda seru warna kuning yang artinya google analics belum aktif, cara mengaktifkannya cukup mudah, anda tinggal klik edit (sebelah kanan URL blog anda), kemudian akan ada tampilan “Tracking Not Installed”. lalu Klik pada “Check Status” dan selesai sudah tugas anda.

Setelah semua anda kerjakan, tentu sekarang blog anda telah dipantau oleh google analics, dan jika anda ingin mengevaluasi blog anda, semisal ingin mengetahui berapa pengunjujng blog , berapa waktu rata-rata pengunjung di blog, maka anda dapat mesuk ke google analics dengan akun google anda, dan disana anda akan diberikan data (laporan) yang berkenaan dengan blog anda. itulah sedikit ulasan tentang google analics, semoga sedikit ulasan tentang layanan google analytics dapat bermanfaat bagi anda......!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar