Sabtu, 06 Februari 2010

Membuat Read more di blogspot dengan Jump Break ( Fiture baru dari blogspot)

Blogspot.com atau blogger.com merupakan sebuah web yang menyediakan layanan untuk membuat blog bagi usernya. Dengan adanya blogspot seseorang dapat dengan mudah membuat blog sesuai keinginan mereka, karena blogspot memberi kemudahan bagi usernya untuk melakuakn customisasi pada blog( maksudnya user diperbolehkan memodifikasi/menambah fiture di blognya). tetapi menambahkan sebuiah fiture di blog yang berplatform blogspot terkadang membuat kita pusing , karena kita harus hack code template blog (bagi yang tidak begitu faham tentang HTML tentu akan kesulitas). semisal saja dulu ketika kita ingin membuat readmore di blogspot, mau tidak mau kita harus mengotak-atik kode template blog kita.

Tetapi sekarang membuat readmore di blogspot tidak serumit seperti dahulu, karena blogspot telah mngeluarkan fiture barunya yaitu tools untuk membuat readmore atau disebut dengan jump break. Dengan jump break kita dapat membuat readmore dengan sangat mudah, layaknya membuat readmore di blog berplatform wordpress (jika anda pernah menggunakan wordpress, tentu menggunkan jump brak di blogspot tidak akan menjadi masalah). Sebelum mencoba lebih lanjut fiture jump break ini, silahkan lihat gambar dibawah : ( 2 gambar tersebut adalah perbandingan antara mode posting editor blogspot terdahulu (belum mempunyai jump break) dan mode posting editor blogspot yang sekarang (terdapat fiture jump break)).




Nah... Untuk menjadikan mode postigg agar mempunyai jump break (seperti pada gamabar diatas), terlebih dahulu kita harus melakukan sedikit setting di blog , caranya Masuk terlebih dahulu ke blogger.com dengan ID anda, kemudian menuju pada
tab Setting akun blogger anda. Pada tab Basic, lihat pada item Global Setting dan pilih Updated editor sebagai post editor anda dan setelah anda memilih jangan lupa untuk melakukan saving.


Setalah mode posting mempunyai jump break , maka kita telah dapat menggunkan fiture tersebut dengan cukup mudah. Caranya kita dapat meletakkan kursor ditempat kita ingin memotong artikel, kemudian klik jump break atau anda bisa masuk ke mode HTML, kemudian TAMBAHKAN CODE <!--more--> di tempat yang ingin dipotong, mudah bukan,,?? untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
(Mode Compose)
(Mode HTML)

Gimana kawan, menurut anda fiture dari blogspot tersebut (cukup mudah bukan untuk membuat readmorenya), silahkan coba jika anda belum memodifikasi read more di template anda. Dan semoga sedikit tulisan saya dapat bermanfaat.... .

6 komentar: