Rabu, 03 Februari 2010

Cara Membuat Widget Category di Blogspot

Widged category mempunyai peran penting dalam blog, karena dengan adanya category di dalam suatu blog, akan dapat memudahkan pengelompokan artikel dalam blog tersebut, sehingga dapat pula memudahkan para pembaca/pengunjung dalam memilih artikel yang ingin mereka baca berdasarkan category atau klasifikasi artikel dalam blog. Selain itu, blog dengan adanya widged category akan terlihat lebih profesional, untuk itu kita wajib dan harus memasang widged ini pada blog kita.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuat widged category atau label dalam blog yaitu tag clouds, comulus clouds, labels (standar dari blogger).saya disini lebih suka menggunkan Labels standard dari blogger karena tag clouds dan cumulus clouds cukup merepotkan ( harus hack dengan code-code yang cukup memusingkan, karena belum terintregrasi di blogger.com) selain itu
kedua cara tersebut juga menggunakan javascript dan flash yang dapat membuat loading page menjadi agak lama.
Kali ini saya akan coba sharing bagaimana membuat widged category yang tentunya menggunkan labels standard blogger (tentunya saya khususkan kepada anda yang memang belum menaruh category diblog berplatform blogspot anda).
Untuk membuat labels (category) silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Login ke account blogger anda
2. Pilih layout >tat
a letak> add gadget pada sidebar anda untuk membuat elemen halaman baru
3. Pilih Label, perhatikan gambar di bawah ini:




4. Pada Title dapat anda isi dengan judul widget anda, misal: kategori, daftar isi, dsb. Pada pilihan sorting anda bisa memilih Alphabetically untuk mengatur labels anda secara abjad dan By Frequency untuk mengatur labels anda dari jumlah artikel terbanyak.
5. dan langkah tera
khir tentu saja SAVE dan silahkan lihat hasilnya.

Dan setelah anda lihat blog anda, tentu saja bel
um ada isi dari labels yang telah anda buat tadi. Karena memang artikel-artikel yang telah anda buat belum anda klasifikasikan pada kategori tertentu, untuk itu anda harus mengedit semua artikel anda. caranya anda tinggal masuk ke menu posting > edit posts lalu edit satu persatu artikel yang anda buat dan masukkan isi kategori (misal: zona blogging, seo, dsb) anda pada Labels for this post: kotak di bawah kanan dan setelah anda isi, kemudian tinggal anda publish. anda bisa mengisi lebih dari satu kategori dengan memisahkannya dengan menggunakan tanda koma ","(tanpa tanda petik). Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:


oya, jangan lupa untuk selalu memberi labels ketika post
ing artikel agar artikel kita dapat terklasifikasikan dengan baik... good luck kawan...??

9 komentar: