Kamis, 25 Februari 2010

8 layanan blog gratis yang dapat anda pilih

blog adalah salah satu media yang banyak dipilih oleh pengguna internet (masyarakat) dalam mengebarkan informasi di ranah maya, pilihan ini mungkin berdasar karena blog sifatnya lebih sederhana dan tidak terlalu rumit (tidak harus melakukan editing yang memusingkan), sehingga dengan blog seseorang akan dengan mudah mempublikasikan tulisannya (informasi), telebih lagi sebagian besar layanan untuk membuat blog adalah gratis, ini juga merupakan salah satu faktor netter (orang-orang) memilih (menggunakan) blog. Tentunya dengan semakin banyaknya pengguna blog, juga akan dibarengi dengan semakin banyak pula pengedia layanan blog.


memang kenyataanya layanan blog di ranah maya sekarang ini sangat dan amat banyak, hal ini dapat kita lihat dari semakin beragamnya platform (layanan) blog di internet (ranah maya) dan semakin banyak pula development yang melirik akan hal ini, nah dibawah ini adalah 8 dari banyak pengedia layanan blog gratis di internet yang dapat anda pilih, pilihan layanan blog memang bukan hanya sebatas pada 8 daftar di bawah, karena 8 daftar layanan blog di bawah ini hanyalah sedikit dari banyak layanan yang saya ketahui, untuk itu disini saya hanya bisa menginformasikan 8 layanan tersebut.

1. blogger.com
inilah layanan blog gratis milik perusahaahn seach enggine raksasa google, blogger terbilang sangat menarik , karena pemula yang baru mengenal dunia blogpun akan dengan mudah menyesuaikan diri dengan blogger.com, layanan ini banyak sekali digunakan oleh blogger indonesia, dan blog inipun (quick-zone.blogspot.com) saya buat dengan layanan blogger.com, jika anda membuat blog di blogger.com maka anda akan memperoleh sub domain blogspot.com.

2. wordpress.com
kalau layanan yang satu ini terbilang cukup populer, sepertinya wordpres merupakan rival terberat dari blogger.com, pasalnya pengguna wordpress.com sangat banyak, selain itu wordpress.com juga mempunyai fasilitas atau fitur yang cukup lengkap, ditambah dengan tampilannya yang cukup menarik membuat wordpress layak menjadi sebuah pilihan untuk membuat blog, kelemahan dari wordpress adalah kita tidak dapat menambahkan atau memasukkan iklan pada blog kita..

3. Blogdetik.com
Blogdetik merupakan layanan blog dari situs detik.com, salah satu situs berita terbeasr di indonesia. saya rasa detik.com telah mengambil peluang yang tepat karena sekarang banyak sekali masyarakat indonesia yang memanfaatkan blog untuk kepentingannya, baik sifatnya profit ataupun non profit, baik pribadi maupun umum.

4. multiply.com
multiply adalah sebuah layanna blog yang digabungkan dengan jejaring sosial, di multyply anda dapat mengunggah foto, video dan lain sebagainya. Walaupun layanan ini gratis , multyply juga mempunyai layanan yang berbayar, bedanya jika anda menggunkan layanan berbayar maka anda dapat memasukkan iklan di blog multyply anda.


5. livejournal.com
oya live jurnal juga sangat terkenal, tetapi memang di indonesia tidak banyak yang menggunakannya, live jurnal juga mempunyai layanan yang berbayar.

6. dagdigdug.com
dagdigdug adalah layanan blog yang ada (developmentnya) di indonesia yang menggunkan engine wordpress MU (multi user), fasilitasnya mirip dengan wordpress.com. Enggine yang digunakan adalah enggine atau cms open source yaitu wordpress MU yang dikembangkan oleh automatic, jika anda tertarik untuk membuat layanan blog gratis maka wordpress mu (multi user) merupakan enggine atau cms yang dapat anda pilih untuk membuat layanana blog dengan mudah.

7. blogsome
sama dengan dagdigdug, layanan yang berpusat di irlandia ini juga menggunakan Wordpress MU sebagi engginenya.

8. windowslivespace
layanan ini adalah layanan dari msn milik microsoft, tentunya jika anda ingin menggunkan layanan ini, terlebih dahulu anda harus mempunyai akun MSN.


Diatas adalah sedikit dari banyak pengedia layanan blog gratis yang ada di ranah maya, sebenarnya masih banyak sekali layanan blog gratis yang dapat kita pilih, tetapi hanya 8 platform (layanan) diataslah yang dapat saya share, mungkin ada teman-teman yang mempunyai informasi seputar layanan blog gratis bisa di share di form komentar, dan semoga apa yang saya tulis di atas dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar