Jumat, 22 Januari 2010

Persepsi blogger terhadap optimasi mesin pencari di blog

Persepsi seseorang terhadapat sesuatu memang adakalanya berbeda, tetapi tentu segala perbedaan tidak berujung pada perselisihan, berbeda bukan berarti bermusuhan, saling menjatuhkan atau saling membenarkan pendapat diri sendiri. Loo kok ga nyambung sama judulnya sih,,?? Oke deh langsung saja disini saya akan sedikit menulis tentang persepsi seorang blogger dalam hal SEO (ini menurut saya lhoo, jadi jangan protes kawan?). Saya pribadi berpendapat ada dua hal yang mendasar tentang SEO yang dilihat dari cara pandang seorang blogger terhadap SEO itu sendiri, dua hal tesebut memang masih sangat umum yaitu yang pertama adalah menganggap SEO di blog amat dan sangat penting, dan yang kedua adalah menganggap SEO diblog tidak penting (tidak peduli dengan seo).

Tetapi Penting tidaknya seo (optimasi mesin pencari) memang tegantung dari sisi mana seseorang (blogger) itu memandang, jikalau mereka ngeblog hanya bertujuan ingin mengalurkan hasyat dalam hati atau bisa dikatakan ngeblog untuk curhat (non profit), tentu ada pengunjung ataupun tidak ini tidak menjadi masalah (pada dasarnya SEO digunakan untuk mendatangkan pengunjung) dan secara tidak langsung seo pun tidak penting baginya. Tetapi lain halnya dengan seseorang yang menggunakan blog untuk di monetisasi (profit oriented), maka mau tidak mau seo harus di upayakan, karena memang seo inilah yang dapat menjadi penopang blognya untuk lebih baik (dalam arti pengunjung yang melimpah, dan dengan adanya pengunjung yang melimpah tentu earning pun akan naik).

Terlepas dari kedua hal yang saya sebutkan diatas yang berkenaan dengan penting atau tidaknya SEO, tentunya anda akan lebih memilih SEO itu penting bukan? Jika blog kita mempunyai banyak traffik tentu rasa senang setidaknya akan ada manakala blog yang telah kita buat dan rawat telah didatangi pengunjung. Memang mendatangkan pengunjung tidak hanya dengan opimasi mesin pencari saja, melainkan ada banyak cara untuk mendatangkan pengunjung tersebut, semisal saja blogwalking, memangfaatkan situs sosial bookmarking dsb, tetapi saya rasa hal yang penting dan harus diperhatikan adalah optimasi mesin pencari, karena jika kita telah sukses dengan ini maka blog kita akan kebanjiran pengunjung organik dari mesin pencari. sedikit cerita, saya pernah melihat blog yang hanya mempunyai posting10 buah dapat mendatangkan ratusan pengunjung setiap harinya, selidik punya selidik ternyata pemilik blog tersebut mengoptimasi blognya pada mesin pencari.

Gimana kawan, kira-kira optimasi mesin pencari menurut anda penting atau tidak?, kalau saya pribadi berpendapat hal ini sangat dan amat penting, jika sepakat tentunya mari kita mulai berusaha dan belajar untuk mengupayakan tafik blog kita dengan optimasi mesin pencari. Lakukan hal yang sangat simple terlebih dahulu semisal kirim url blog kemesin pencari kemudian secara bertahap mulai membuat strategy khusus untuk seo ini semisal backlink, buat dummy blog, taruh meta tags dan sebagainya.

Sedikit banyak yang saya tulis diatas merupakan gambaran yang berkenaan dengan SEO, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar