Senin, 08 Februari 2010

MEMBUAT STATIC PAGE DI BLOGSPOT (Fitur baru blogspot)

Blogspot semakin hari semakin menunjukkan existensinya dalam menyediakan layanan blogging yang nyaman bagi usernya, ini terlihat dari semakin banyaknya fitur yang di sematkan pada enggine blogger milik mereka, tentunya fitur-fitur tersebut disediakan oleh pihak blogger agar supaya para user lebih mudah dan nyaman dalam menggunkan layanan mereka. Nah Setelah sebelumnya blogspot mengeluarkan fitur jump break yang fungsi utamanya adalah untuk memotong artikel (membuat readmore), baru-baru ini blogspot mengeluarkan fitur barunya yaitu static page, dimana static page ini berfunsi (berguna) untuk membuat halaman statis semisal contack us, about me dsb.
Dengan adanya fiture seperti ini , kita selaku blogger (baca : pengguna blogger.com) akan lebih mudah dalam membuat halaman statis di blog berplatform blogspot milik kita (bayangkan saja dulu kita membuat halaman contact me
dengan menggunakan posting di blogspot, tetapi sekarang dengan adanya fiture ini kita akan lebih mudah dan nyaman dalam membuat page static di blog milik kita.)

Fitur static
page ini memang telah sejak lama dimiliki oleh rival berat blogspot yaitu wordpress.com, dan tentunya sekarang tidak hanya wordpress yang memilikinya, karena blogspot telah menambahkan fitur tersebut di enggine mereka. Dibawah ini adalah gambar posting yang saya ambil dari blogerdraft.blogspot.com...


Gambar diatas saya ambil ketika bertandang di bloggerindraft milik blogspot (disitu tertulis bahwa mereka mengeluarkan fiture static page), nah untuk penggunaannya pun cukup mudah, hampir sama dengan membuat posting, hanya saja kita di haruskan untuk menaruh widget disidebar blog kita (atau dapat juga disematkan di code template). Bagi anda yang belum begitu familiar dengan fitur ini, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat static page milik anda.

  1. Pertama : Masuk terlebih dahulu ke Acount blog anda di blogger.com dan jika belum ada fitur setatic page tersebut silahkan Akses di Draft.blogger.com (tidak harus lewat draft.blogspot.com, karena saya telah mencobanya)

  2. Kedua : Setelah anda masuk pilih Menu Posting dan silahkan pilih sub tab Edit Pages (edit pages inilah yang akan kita gunakan untuk membuat page static), untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
  3. Ketiga : Selanjutnya klik New Page untuk membuat page baru (lihat ganmbar)


  4. Keempat : Selanjutnya akan muncul post editor, post editor inilah yang dapat anda gunakan untuk mengisi page static anda semisal membuat about me, contact me dsb. (silahkan tulis sesuai keinginan anda misal tentang diri anda dan sebagainya), untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


  5. Kelima : Setelah selesai menulis di halaman page, langkah selanjutnya klik publish page



  6. Keenam : Kemudian klik add the page list gadget (gunanya agar halaman yang kita buat dapat tampil disidebar)


  7. Dan Langkah terakhir tinggal kita setting konfigurasi dari halaman yang telah kita buat tadi agar dapat muncul di sidebar dan jangan lupa klik simpan / saving.

Cukup mudah bukan cara membuat page static di blog blogspot, silahkan coba fitur baru ini. Contoh dari halaman static page dapat anda lihat di navigasi blog ini yaitu Contact me (tapi maaf kawan kalau halamannya kacau balau heheheh). Oyaa... jika ingin menggunakan link dari halaman static page maka linknya adalah http://namabloganda.blogspot.com/p/JUDUL-POSTING-HALAMAN.html (judul posting halaman adalah nama dari judul static page yang anda buat).

9 komentar: